Pengertian Desain Interior, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Desain Interior, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian desain interior adalah desain yang berhubungan dengan segala sesuatu yang ada di sebuah ruangan, misalnya tata letaknya. Adapun makna lain dari desain interior, dapat dilihat di artikel berikut ini.

Pengertian Menurut Ahli

Masing-masing ahli mengemukakan pendapat yang berbeda terkait dengan pengertian desain interior. Inti dari pengertian interior design dari para ahli tersebut adalah:

  • Suptandar: 

Desain interior: sistem pengaturan ruang agar dapat memenuhi syarat keamanan, kenyamanan,kebutuhan spiritual dan fisik serta kepuasan pemakai tanpa mengesampingkan keindahan.

  • Ching:

Desain interior: merencanakan, merancang serta menata ruang dalam bangunan agar bisa memenuhi kebutuhan dasar sarana, yaitu untuk berlindung, memelihara aspirasi, menentukan dan mengatur aktivitas, mengekspresikan ide.

Manfaat Desain Interior

Sebagian masyarakat menganggap jika tidak perlu menggunakan jasa desain interior. Salah satu alasannya adalah karena bisa mengaturnya sendiri ataupun merasa tidak perlu. Padahal, mengatur tata letak dalam ruangan memiliki fungsi sebagai berikut ini:

  1. Memperbaiki fungsi dari ruangan tersebut.
  2. Memperkaya nilai estetika.
  3. Meningkatkan aspek psikologis dari sebuah ruangan. Misalnya memberikan ketenangan saat Anda sedang bersantai di tempat ruangan tersebut.

Jadi, Apakah Desain Interior Itu Perlu?

Perlu tidaknya interior design itu tergantung dari Anda sendiri. Jika Anda tidak masalah tinggal di tempat yang berantakan, Anda tidak perlu memikirkan tentang interior design. Namun, jika Anda ingin tinggal dan bekerja di tempat yang  rapi, nyaman, enak dipandang, memikirkan desain interior adalah wajib.

Pengertian Desain Interior, Fungsi dan Jenisnya
Pengertian Desain Interior, Fungsi dan Jenisnya

Apakah harus menggunakan jasa desainer? Jika diperlukan, misalnya untuk kantor, rumah makan ataupun di tempat yang dikomersilkan, maka akan lebih baik jika Anda menggunakan jasa desainer interior.

Kenapa? Karena desainer interior tidak hanya merencanakan mengenai tata letaknya agar enak dilihat namun juga mempertimbangkan nyaman dan aman.

Memang Anda bisa mengatasinya sendiri namun, tidak semua orang mampu mengatur dan menempatkan bahkan memilih furniture yang tepat. Jadi, akan lebih baik untuk menggunakan jasa desainer profesional yang kredibel.

Jenis Desain Interior Kantor

Anda sudah tahu apa itu pengertian dari desain interior fungsinya dan perlu tidaknya menggunakan jasa desainer interior. Kemudian, Anda bingung, kira-kira jenis interior design mana yang sesuai dengan kantor atau ruang kerja Anda. Ada beberapa jenis desain interior seperti berikut ini yang dapat menjadi pilihan dan inspirasi.

  • Minimalis

Desain minimalis banyak dipilih karena praktis dan mengandalkan bentuk sederhana. Furniture yang digunakan tidak terlalu banyak dan umumnya penggunaan warna hanya 2-3 warna saja. Karena itu, interior minimalis bisa digunakan siapa saja dan tentunya hemat budget.

  • Desain Kontemporer

Desain interior kontemporer cenderung menggunakan 1 warna saja yaitu warna netral. Karena itu, untuk memaksimalkan tampilan di ruangan tersebut, penggunaan pencahayaan sangat penting. Jadi, Anda perlu menggunakan lampu atau furniture yang memantulkan cahaya.

  • Skandinavia

Jenis interior desain ini hampir sama seperti desain minimalis. Bedanya, desain skandinavia ebih mengandalkan fungsi ruang dan furniture. Selain itu, gaya interior ini khas dengan pencahayaan, tanaman indoor, tampilan, fungsi dan flooring.

Itulah pengertian desain interior, fungsi dan juga contoh yang dapat Anda coba. Pilih desain yang sesuai dengan ruangan Anda, dan jika perlu gunakan jasa desainer interior profesional khususnya untuk kantor Anda ya.