Membuat company profile

Langkah-langkah Membuat Company Profile yang Menarik dan Berkualitas

Membuat company profile tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Ini seperti memperkenalkan diri dan menjelaskan kegiatan yang Anda lakukan pada orang lain. Dalam skala bisnis, company profile adalah dokumen yang memuat identitas perusahaan beserta daftar produk dan jasa yang ditawarkan, lengkap dengan rekam jejak dan pengalaman yang disajikan dengan desain yang menarik.

Walaupun terdengar sederhana, proses pembuatannya memerlukan kejelian dan ketelitian. Company profile harus bisa merayu calon klien untuk menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Unsur marketing pun perlu diperhatikan dengan saksama agar memenuhi tujuan pembuatannya. Secara ringkas, langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut.

 

Cara Membuat Company Profile

  • Siapkan Isi Materi

Sebelum masuk ke tahap membuat company profile, pertama-tama Anda perlu menyiapkan semua materi yang dibutuhkan. Dari halaman depan, Anda perlu menampilkan logo perusahaan. Kemudian disusul dengan profil jajaran direksi yang dilengkapi dengan foto.

Di bagian isi, penjelasan mengenai produk dan jasa juga harus ditulis secara rinci. Mulai dari spesifikasi, keunggulan, harga, hingga foto atau ilustrasi hasil pekerjaan, semua disusun dengan rapi dan menarik. Pada langkah ini, siapkan semua materi yang ingin Anda cantumkan di dalam company profile. Jadi Anda tidak perlu kebingungan mencari materi atau mengambil foto mendadak selama proses pengerjaan.

 

  • Pilih Jenis Company Profile

Apakah Anda ingin memiliki company profile dalam bentuk dokumen cetak? Atau company profile digital berbasis web? Atau keduanya sekaligus? Ini penting untuk dipertimbangkan sebelum membuat company profile. Setiap jenis memiliki spesifikasi, tingkat kesulitan, dan strategi marketing yang berbeda.

Penyedia jasa pun pasti menanyakan perihal format company profile yang Anda butuhkan. Harga yang ditawarkan juga berbeda karena keduanya berasal dari bidang keahlian yang berlainan, meskipun garis besar dan tujuannya sama. Diskusikan dengan tim Anda terlebih dahulu mengenai format company profile yang paling ideal untuk bisnis Anda.

 

  • Pilih Desain yang Sesuai

Langkah terakhir sebelum membuat company profile adalah memilih tema desain yang relevan dengan bisnis Anda. Setiap sektor bisnis mempunyai karakteristik yang unik. Company profile pun harus didesain sesuai dengan karakter tersebut. Anda harus memilih desain yang tepat sesuai dengan sektor bisnis dan jenis produk atau jasa yang Anda jual.

Penyedia jasa pasti menyediakan banyak template desain company profile. Beberapa di antaranya seperti desain elegan, kreatif, feminim, monokrom, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak inspirasi tema desain dari situs-situs berbagi gambar. Bahkan Anda juga bisa mengajukan desain custom, tentunya dengan perhitungan harga yang berbeda.

 

Lakukan Perencanaan Matang Sebelum Membuat Company Profile

Sebelum menghubungi penyedia jasa, alangkah baiknya jika Anda melakukan diskusi dengan tim terlebih dahulu. Buat perencanaan atau konsep dasar mengenai jenis, isi, dan desain company profile yang ingin Anda buat. Barulah kemudian Anda mendiskusikan konsep tersebut dengan penyedia jasa untuk mendapatkan lebih banyak saran dan masukan. Dengan perencanaan yang matang, membuat company profile akan menjadi lebih mudah, cepat, murah, serta dengan hasil yang lebih berkualitas.