Kerja Sampingan Online, Kerja Santai Menambah Penghasilan

Kemudahan internet saat ini cukup membantu banyak orang. Internet tidak hanya membantu komunikasi antar pengguna tetap berjalan, tetapi juga memudahkan orang lain dalam mencari pekerjaan. Siapa yang tidak tertarik menambah penghasilan tanpa mengganggu aktivitas pekerjaan utama ? Bekerja memanglah sebuah keharusan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika saat ini Anda merasa memerlukan uang tambahan atau merasa kurang dengan penghasilan yang ada saat ini, Anda bisa mencoba kerja sampingan secara online.

Saat ini, kerja sampingan online memiliki fleksibilitas waktu karena Anda tidak perlu datang ke kantor, sehingga Anda bisa bekerja dimana saja dan kapan saja selama terhubung dengan koneksi internet. Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar seperti berjualan online. Lalu, pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan sebagai pekerjaan sampingan online, Anda bisa membaca beberapa rekomendasi berikut.

Penulis Artikel

Jika Anda memiliki kemampuan dan hobi menulis, Anda bisa menjadi seorang penulis artikel untuk website maupun membuat sebuah blog. Tulisan yang bagus dan berkualitas serta penyampaian yang unik tentunya akan menarik minat pembaca. Pekerjaan ini semakin berkembang seiring cukup banyaknya permintaan untuk menulis mengenai liputan acara, review atau mengulas sebuah produk, dan tulisan-tulisan lainnya. Soal upah yang didapat, tentunya tergantung pada hasil penulisan. Semakin tinggi kemampuan dan “jam terbang”nya dalam hal penulisan, semakin besar pula upah yang akan diterima. Bahkan untuk penulis pemula, upah per artikel jika dilihat dari jumlah kata bisa dikenakan tarif Rp 15.000 sampai dengan Rp 20.000. Tetapi hal ini juga tergantung bagaimana negosiasi awal antara penulis dan klien.

Jasa Desain

Pihak perusahaan biasanya menggunakan jasa ini untuk mendesain logo, spanduk, dan lainnya. Sedangkan klien yang merupakan orang pribadi menggunakan jasa ini sebagai keperluan promosi bisnis, maupun untuk koleksi pribadi. Jadi bagi Anda yang memiliki kemampuan dan mahir membuat desain,  pekerjaan ini patut untuk dicoba.

Admin Media Sosial

Berapa banyak media sosial yang setiap harinya Anda akses ? Saat ini media sosial tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi, tetapi juga sebagai media promosi. Banyaknya marketplace atau bisnis online yang memiliki akun media sosial sebagai media pemasaran maupun promosi, membuat peluang sebagai admin media sosial mereka menjadi terbuka lebar. Biasanya, tugas seorang admin media sosial adalah mengunggah foto produk, melayani pertanyaan dan pesanan konsumen, dan semua konten yang berhubungan dengan akun tersebut. Upah yang ditawarkan cukup beragam. Mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000. Jika Anda ingin mempromosikan akun media sosial Anda, ikuti cara meningkatkan media sosial .

Dalam mencari pekerjaan sampingan, pilihlah pekerjaan yang sesuai minat Anda. Dan karena hanya bersifat sampingan, jangan sampai pekerjaan tersebut mengganggu pekerjaan utama. Mulai tertarik untuk bekerja sampingan online ?