Ingin Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial ? Berikut Tipsnya

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan oleh pebisnis adalah kemudahan untuk melakukan marketing sehingga pebisnis dapat menjangkau konsumen secara lebih luas. Target pasar di media sosial adalah para pengguna yang hampir setiap harinya mengakses internet untuk mencari barang maupun jasa tertentu. Media sosial yang biasanya digunakan sebagai media untuk marketing adalah Facebook dan Instagram.

Menarik minat pengguna media sosial untuk menjadi konsumen memang memerlukan usaha dan ketekunan. Tetapi bukan berarti tidak mungkin ‘kan ? bagaimana cara meningkatkan penjualan dan mendatangkan banyak konsumen dari media sosial ? berikut tips yang dapat Anda terapkan.

Update Media Sosial di Waktu yang Tepat

Jika Anda memposting foto produk maupun konten penjualan di waktu yang tidak tepat, kemungkinan postingan Anda tidak akan terlihat oleh pengguna lain. Amati jam dan hari kapan pengguna media sosial sedang aktif mengakses media sosialnya. Anda dapat menggunakan fitur yang dimiliki Instagram yaitu Insight, dimana fungsi tersebut dapat membantu Anda mengetahui waktu pengguna media sosial sering aktif, sehingga Anda dapat memposting konten produk maupun jasa Anda pada waktu yang tepat.

Postingan yang Kreatif

Strategi pemasaran yang biasa-biasa saja atau bahkan parahnya sama dengan pebisnis lain tidak akan membuat pengguna media sosial tertarik untuk melihat produk Anda. Anda bisa melakukan kreativitas terhadap foto produk Anda. Buatlah konten yang berbeda dengan pesaing Anda meskipun produk yang dijual sama. Sebagai contoh, Anda bisa mengganti foto produk dengan video animasi yang tentunya akan lebih menarik perhatian. Jika Anda merasa ragu untuk menciptakan konten yang kreatif untuk video animasi tersebut, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan video animasi. Klik di sini 

Gunakan #Hashtag

Tagar atau yang biasa dikenal dengan hashtag adalah simbol # yang digunakan sebelum menulis sebuah kata. Tagar ini kemudian dapat digunakan sebagai filter untuk topik tertentu yang akan memudahkan orang untuk mencari dan menemukan topik tersebut. Hashtag yang dapat Anda gunakan haruslah sesuai dengan bisnis yang sedang Anda kelola. Gunakan hashtag yang paling banyak dicari oleh pengguna media sosial. Contohnya adalah #bajumurah #bajuimpor dan lainnya.

Mendeskripsikan Produk dengan Kalimat yang Menarik

Jika Anda hanya mengunggah foto produk tanpa mencantumkan deskripsi terhadap produk tersebut, tentunya akan membingungkan calon konsumen Anda. Buatlah deskripsi dengan kalimat-kalimat yang menarik dan jelas sehingga calon konsumen berminat terhadap produk Anda.

Cepat Tanggap

Hal ini sangat penting dilakukan. Sebagian orang tidak suka menunggu. Pelayanan yang cepat akan membantu calon konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai produk Anda. Tentunya komunikasi yang baik juga akan membuat konsumen merasa menjadi prioritas. Gunakan kalimat yang baik, jelas dan rinci.

Demikian beberapa tips untuk meningkatkan penjualan Anda di media sosial. Kuncinya ada pada strategi yang Anda gunakan untuk menarik minat pengguna media sosial yang menjadi calon konsumen Anda. Semoga tips di atas dapat menjadi inspirasi Anda !