Contoh Search Engine

Sebelum mengetahui contoh-contoh search engine, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dan cara kerja sebuah search engine. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, search engine dartikan sebagai mesin pencari. (Baca juga https://helpcomp.net)

Maksud mesin pencari disini adalah software atau aplikasi yang disediakan oleh sebuah badan komersial untuk memudahkan pengguna internet mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui internet.

Semua informasi ini berada dalam sebuah server yang tersimpan pada World Wide Web (WWW), atau FTP (File Transfer Protocol). Bagaimana cara menggunakan search engine ? Caranya cukup mudah. Pengguna tinggal memasukkan kata kunci pada kolom yang telah disediakan pada mesin pencari, kemudian informasi yang dibutuhkan akan dikumpulkan oleh mesin pencari tersebut dan kemudian akan ditampilkan yang paling berkualitas tergantung pada kriteria sebuah mesin pencari terhadap situs-situs web terkait kata kunci tersebut.

Kita pasti pernah menggunakan beberapa search engine untuk mencari sebuah informasi. Ada beberapa contoh search engine terkenal yang sering digunakan. Berikut contoh dan penjelasannya.

Google

Siapa yang tidak mengenal Google. Mesin pencari terbesar saat ini digunakan oleh siapa saja untuk mencari informasi yang diinginkan. Hingga julukan “The King of Search Engine” melekat pada Google. Beberapa kelebihan Google yang membuatnya unggul adalah tampilan yang sederhana tanpa iklan dan dapat langsung melakukan aktivitas pencarian, serta kemudahan pencarian menggunakan kata kunci dengan hasil relevan. Namun, dibalik kelebihan tersebut ada beberapa kekurangan yaitu terkadang hasil pencarian yang tidak relevan, sehingga hasil pencarian kita hanya berkutat dari web satu ke web lain. selain itu, indeks Google yang tidak sebanding dengan cepatnya perkembangan website, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk terindeks pada Google.

Yahoo! Search

Adalah search engine kedua terbesar setelah Google saat ini. Grup Yahoo! Menyediakan fasilitas email yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kategori contohnya gambar, website, berita dan lain-lain. kelebihan Yahoo! Search antara lain fitur email yang disediakan Yahoo! Banyak disukai oleh orang lain karena mudah dan Yahoo! menyediakan katalog web. Kekurangannya yang dirasa cukup mengganggu adalah proses loading yang lama dan beberapa software pendukung yang masih kurang.

Bing

Bing merupakan produk search engine dari Microsoft. Microsoft menjadikan Bing sebagai search engine default bagi komputer yang berbasis Windows dan software Office. Salah satu kelebihan dari Bing adalah adanya fasilitas related searches yang memungkinkan pengguna memperkaya pencarian dan tidak hanya terpaku pada hasil halaman web ataupun link yang ditampilkan. Sayangnya, search engine Bing kurang diminati pengguna karena fitur yang kurang lengkap.

Demikian beberapa contoh search engine beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga dapat menambah wawasan Anda!