Cara Mudah Instal Android Studio Di Windows

Kita tentu sudah tidak asing dengan aplikasi. Aplikasi yang dibuat dengan berbagai macam fungsi sangat membantu pekerjaan kita. Dan bukan hanya untuk pekerjaan, ada juga aplikasi yang berfungsi sebagai  hiburan. Aplikasi untuk smartphone android tentunya berbeda dengan aplikasi untuk iOS atau Windows. Lalu apakah kamu pernah berpikir bagaimana cara membuat aplikasi untuk android ?

Untuk membuat aplikasi di android, kita bisa menggunakan software pembuat aplikasi android. Ada berbagai macam software seperti Eclipse, Xamarin, dan salah satu yang akan dibahas adalah Android Studio. Ya, Android Studio adalah salah satu IDE (Integrated Development Environment) resmi dari Google untuk merancang aplikasi pada android. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat aplikasi untuk smartphone android, kamu bisa mencoba mengikuti langkah-langkah menginstall Android Studio berikut. Sebelumnya, pastikan PC yang kamu miliki memiliki spesifikasi berikut :

  • RAM minimal 3 GB, tetapi disarankan memiliki RAM 8 GB.
  • Minimal ruang penyimpanan yang tersisa 2 GB, tetapi disarankan ruang tersisa 4 GB sebab akan ada pembagian 500 MB untuk IDE dan 1,5 GB untuk sistem emulatornya.
  • Minimal resolusi layar 1280 x 800 piksel.

Cara Menginstall Android Studio

Setelah memastikan PC kamu memenuhi spesifikasi di atas, kamu bisa memulai menginstall Android Studio. Ada dua langkah utama yang dapat kamu pilih untuk penginstalan yaitu dengan cara Setup Android Studio dan Install SDK Android Studio.

  • Penginstalan dengan Setup Android Studio :
  1. Download Android Studio
  2. Buka Android Studio yang sudah kamu download, dan ikuti instruksi instalasi.
  3. Selanjutnya akan muncul kolom dialog instalasi, lalu pilih Next.
  4. Lalu pilih komponen tambahan untuk install Android Studio. Untuk Android Virtual Device (AVD) berfungsi untuk mengkonfigrasikan perangkat yang dijalankan dengan emulator Android. Jadi, sesuaikan komponen tambah yang dipilih. selanjutnya pilih Next.
  5. Pilih lokasi instalasi Android Studio
  6. Tentukan nama Android Studio. Kamu bisa memilih mengubah nama Android Aplikasi yang akan ditampilkan pada Start Menu. Disarankan untuk tidak mengubah namanya untuk kemudahan saat mencari aplikasi. Setelah itu klik Install.
  7. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan klik Finish.

Setelah instalasi selesai dan kamu mencoba membuka aplikasi, akan muncul kolom dialog untuk penginstalan SDK. Pastikan kamu terhubung ke internet dan harus memiliki koneksi yang stabil agar menghindari kegagalan instalasi. Klik Next dan pilih jenis instalasi. Kemudian download file, lalu klik Finish. Tunggu hingga proses selesai. Dan langkah terakhir klik Finish. Anroid Studio pun siap untuk digunakan.

Cukup mudah kan ? Selanjutnya kamu bisa membuat project yang akan kamu buat. Eits, tapi jika kamu ingin membuat aplikasi tanpa ribet, kamu juga bisa menggunakan jasa pembuat aplikasi di https://www.sribu.com/id/cat/jasa-pembuatan-aplikasi. Semoga tutorial ini cukup membantu kamu, ya !