Bagaimana Memilih Desain Kotak Makanan?

Bagaimana Memilih Desain Kotak Makanan?

Memilih kemasan itu tidak mudah karena kemasan tidak hanya digunakan untuk melindungi produk yang ada di dalamnya. Namun, memilih desain kotak makanan tidak semudah itu. Ada berbagai pertimbangan yang tentunya harus Anda perhatikan dengan baik, seperti berikut:

  • Struktur Produk

Hal pertama dan yang mendasar adalah produk. Ketahui terlebih dahulu ukuran dari produk. Jika Anda hendak mengemas makanan, seperti popcorn, ketahui beratnya terlebih dahulu.

Mengapa ukuran dan struktur produk itu perlu? Karena jika tidak mengembangkan struktur ataupun ukuran produk, hasilnya kemasan bisa terlalu kecil atau terlalu besar. Jika hal tersebut terjadi, maka desain kotak kemasan tidak akan efektif.

  • Pemakaian

Maksud dari pemakaian di sini adalah apakah kemasan hanya akan digunakan sekali atau bisa berkali-kali. Masing-masing dari jenis pemakaian ini memiliki plus minusnya sendiri. Misalnya untuk kemasan yang bisa digunakan berkali-kali, Anda akan lebih menghemat budget untuk jangka panjang dan lebih ramah lingkungan.

Namun, baik untuk sekali penggunaan ataupun berkali-kali, Anda tetap harus mempertimbangkan peletakan logo. Bedanya, logo untuk kemasan yang bisa dipergunakan berkali-kali haruslah lebih awet dibandingkan kemasan sekali pakai. Misalnya menggunakan logo emboss, namun harga jasa desain logo juga akan lebih mahal.

Kenapa lebih direkomendasikan yang kemasan reusable? Karena di kemasan yang reusable, Anda bisa sekaligus melakukan branding sehingga produk Anda juga akan semakin dikenal oleh public.

Bagaimana Memilih Desain Kotak Makanan?
Bagaimana Memilih Desain Kotak Makanan?
  • Bahan dan Kondisi Makanan

Jangan lupa untuk mempertimbangkan bahan dan kondisi makanan dari produk Anda. Misalnya apakah makanan tersebut panas atau dingin. Ketahanan kondisi kemasan yang Anda gunakan akan sangat berpengaruh pada cita rasa dan kualitas makanan.

Misalnya, Anda menggunakan box dari kertas untuk makanan yang berkuah. Tentunya kemasan ini tidak akan cocok untuk digunakan karena kemasan akan langsung rusak. Alhasil, makanan tidak bisa diberikan ke konsumen dalam kondisi yang baik.

  • Harga

Jangan lupa untuk mempertimbangkan harga dari kemasan tersebut. Semakin bagus bahan kemasan yang digunakan maka akan membuat harga per box menjadi lebih mahal.

Apakah hanya karena bagus bahan kemasannya? Tidak. Harga dari kemasan yang Anda gunakan ini juga dipengaruhi oleh desain. Misalnya Anda membuat box yang terlihat eksklusif dengan desain yang ciamik, otomatis harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan box yang polos.

Sayangnya, banyak pemilik usaha yang hanya memilih kemasan karena tampilannya yang menarik. Padahal, jika tidak diperhitungkan dengan baik, terutama dari budget, akan menyebabkan harga produk menjadi lebih tinggi. Selain itu, jika harga kemasan terlalu tinggi, akan berpengaruh pada kondisi keuangan yang Anda miliki.

Karena hal tersebut, jangan lupa untuk mempertimbangkan 4 hal diatas ketika Anda memilih dan menentukan desain kotak kemasan. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh kemasan terbaik untuk produk Anda.