link-building-concept

Apa yang Dimaksud dengan Backlink?

Dalam optimasi SEO, tepatnya SEO off page, ada 1 cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan backlink ke akun yang sesuai dengan pembahasan. Misalnya Anda memiliki link yang membahas keunggulan data wawancara, Anda bisa menaruh link di bagian komentar website statistic.

Namun, agar lebih jelas lagi mengenai apa itu backlink dan fungsinya, simak informasi berikut ini:

Pengertian Backlink

Backlink sendiri merupakan tautan atau link yang mengarah ke website Anda. jenis link ini dimanfaatkan agar mempermudah pengguna misalnya mencari informasi yang berkaitan ataupun untuk optimasi SEO.

Pada dasarnya, ada 2 jenis backlink yaitu:

  • Backlink Nofollow: jenis link ini adalah link yang tidak bisa diklik. Artinya, backlink ini hanya tulisan biasa saja
  • Backlink Dofollow: jenis backlink ini adalah backlink yang bisa di klik yang mengarah langsung ke situs yang dimaksud.
backlink
backlink. pic: klikseo.com

Cara Memperoleh Backlink Berkualitas

Salah satu manfaat dari backlink adalah meningkatkan kredibilitas dari website. Jika Anda meninggalkan backlink di situs ataupun blog dengan niche yang relevan, maka tingkat kredibilitas website akan dinilai lebih baik. Namun, meletakkan backlink tidak boleh sembarangan karena bisa dianggap spam.

Agar Anda mendapatkan backlink yang berkualitas, ada beberapa cara bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

  1.   Membangun Website yang Berkualitas

Sebelum Anda mendapatkan backlink yang berkualitas maka Anda harus memulainya dari website Anda sendiri. Mudahnya, orang akan mengunjungi website Anda jika dalam website tersebut terdapat informasi yang dibutuhkan. Selain itu, blog atau website dengan backlink yang berkualitas umumnya hanya akan memberikan backlink ke website yang berkualitas. Jadi, lebih baik bangun kredibilitas website Anda lebih dahulu.

  1.   Konten yang Solutif dan Unik

Semenjak BERT dirilis, konten website yang solutif atau memiliki informasi sesuai dengan keyword yang dimasukkan oleh pengguna internet, dinilai lebih kredibel. Selain itu, konten unik lebih direkomendasikan. Maksudnya unik adalah belum pernah dibuat oleh orang lain. Jikapun Anda menjelaskan mengenai sesuatu yang pernah dibuat, coba tuliskan dengan cara yang berbeda. Dengan begitu, orang lain akan tertarik ke blog Anda.

  1.   Aktif Membangun Relasi

Dengan membangun relasi, Anda akan tahu website milik siapa yang bisa menjadi tempat untuk menanamkan backlink. Sebaliknya, Anda juga bisa menawarkan untuk menjadi tempat untuk backlink sehingga Anda saling bertukar link.

  1.   Melakukan Blogwalking

Blogwalking kini memang sudah banyak ditinggalkan karena dianggap kurang powerful dan merepotkan. Namun, Anda tetap bisa mencoba cara ini di website yang memiliki pembahasan yang sama. Siapa tahu Anda menemukan blog yang berkualitas yang bisa menjadi tempat untuk backlink.

  1.   Menggunakan Tools

Untuk memiliki backlink berkualitas, Anda butuh tools seperti Ahrefs. Tool sini membantu Anda untuk menemukan tempat backlink yang berkualitas yang berkaitan dengan keyword milik Anda. Dengan menggunakan tool ini Anda juga akan mendapatkan jumlah trafik yang dihasilkan serta kredibilitas website lewat domain rating.

Jadi sudah tahu bukan apa yang dimaksud dengan backlink. Agar backlink Anda banyak dikunjungi, hindari menempatkannya terlalu banyak dan untuk konten yang kurang berkualitas ya.