Apa Itu Arsitektur Bangunan?

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk lebih mengenal dengan dekat profesi arsitek. Tentu saja anda sudah tidak asing lagi bukan dengan profesi yang satu ini? Arsitektur merupakan salah satu jenis profesi yang bertanggung jawab untuk merancang atau mendesain sebuah bangunan. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai apa itu arsitektur bangunan dan akan memberikan informasi lainnya mengenai apa saja tanggung jawab dari arsitek beserta jenisnya. Pastikan anda menyimaknya hingga akhir ya!

Pengertian arsitek

Pada artikel berikut ini kami akan mengajak anda lebih dulu untuk mengetahui pengertian arsitek sehingga anda lebih bisa memahaminya. Arsitek adalah seseorang yang mempunyai lisensi dan juga memiliki profesionalitas di dalam bidang seni serta ilmu pengetahuan. Pengertian itu dikemukanan oleh National Council of Architectural Registration Boards (NCARB). Selain berhubungan dengan seni, arsitektur ini juga tidak lepas kaitannya dengan ilmu keteknikan. Seorang arsitek harus mampu menciptakan bangunan yang berhubungan juga dengan berbagai aspek seperti misalnya aspek keamanan, keselamatan, fungsional, dan juga kesejahteraan.

Tugas dari seorang arsitek adalah dengan mendesain serta merancang sebuah bangunan. Bangunan yang dimaksud pun tidak terbatas ya bisa berupa rumah, gedung, apartemen, kolam renang, bahkan hingga taman sekalipun.

Tanggung jawab dari seorang arsitek

Setelah mengetahui pengertian dan apa itu arsitektur, kami juga akan memberikan informasi kepada anda yaitu tanggung jawab apa saja yang dimiliki oleh seorang arsitek. Seorang arsitek memiliki tanggung jawab untuk membuat konsep rancangan dari sebuah bangunan. Arsitek nantinya harus memastikan bahwa mereka memiliki semua data dan informasi mengenai kebutuhan pembangunan. Arsitek nantinya akan membaut analisis dan pengolahan data untuk membuat konsep rancangan.

Selanjutnya arsitek juga diminta untuk melakukan tahap prarancangan, yaitu membuat pola dalam bentuk gambar dari konsep yang telah dibuat. Biasanya dalam tahapan ini, arsitek akan mulai menentukan berapa luas bangunan, kemudian bahan atau material apa yang digunakan untuk konstruksi, biaya, serta berapa lama waktu pembangunannya. Tak sampai disitu saja, seorang arsitek juga diminta untuk mengenmbangkan rancangan mereka, di tahap ini seorang arsitek akan lebih mendetailkan mengenai struktur bangunan, bahan bangunan, dan juga biaya konstruksi dari bangunan yang mereka rancang.

Jenis arsitek

Ada juga beberapa jenis arsitek yang belum diketahui orang-orang, jenis arsitek ini terbagi menjadi beberapa yaitu design architect, lalu ada juga technical architect, project manager, dan juga designer interior. Semuanya itu bekerja dengan scope yang berbeda-beda, sehingga pastikan anda mengetahuinya lebih dulu jika ingin menggunakan jasa arsitek.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai apa itu arsitektur. Sekarang anda sudah tahu kan bagaimana tanggung jawab dari arsitek? Semoga artikel yang kami bahas ini bermanfaat bagi anda!